Senin, 11 April 2011

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN MASTEKTOMI

PENDAHULUAN

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa lima besar kanker di dunia adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker lambung dan kanker hati. Sementara data dari pemeriksaan patologi di Indonesia menyatakan bahwa urutan lima besar kanker adalah kanker leher rahim, kanker payudara, kelenjar getah bening, kulit dan kanker nasofaring. Kanker payudara merupakan kanker terbanyak diderita wanita. Angka kematian akibat kanker payudara mencapai 5 juta pada wanita. Kanker payudara merupakan penyebab kematian karena kanker tertinggi pada wanita yaitu sekitar 19%. Lima data terakhir menunjukkan bahwa kematian akibat kanker payudara pada wanita menunjukkan angka ke-2 tertinggi
Kanker payudara adalah yang paling sering diteliti dalam studi tentang kualitas hidup, studi psikososial terdahulu menekankan bahwa adaptasi terhadap kehilangan payudara merupakan satu-satunya factor penting bagi seorang wanita, trutama budaya barat. Karenanya , tidaklah mengejutkan bahwa perhatian penelitian tentang penyesuian diri seorang wanita terhadap kanker payudara menemukan hasil yang serupa
Ca. Mammae adalah kanker yang relatif sering dijumpai dan merupakan penyebab kematian utama pada wanita berusia 45 dan 64 tahun.Ca. Mammae merupakan penyakit yang mengancam atau semua wanita dapat beresiko untuk terkena kanker payudara ini, tidak ada satupun penyebab spesifik dari kanker payudara sebaliknya faktor genetik, hormonal dan kemungkinan kejadian lingkungan dapat menunjang terjadinya kanker ini.Bebrapa gambaran kanker payudara menunjang prognolisnya, secara umum, makin kecil tumor, makin baik prognosisnya, karsinoma payudara bukan semata-semata keadaan patologis yang terjadi hanya dalam semalam, tetapi membutuhkan + 2 tahun agar bisa terabaPemberian asuhan keperawatan pada pasien yang mengalami ca. mammaaae adalah yang spedifik berhubungan dengan diagnosis, tumor, terlebih tumor yang diduga / dinyatakan ganas, peran perawat sangat penting dalam meningkatkan merehabititasi dan mengkoordinasikan klien terhadap keadaan kesehatan





BAB II
PEMBAHASAN

A.    LANDASAN TEORITIS KANKER MAMAE
1.      PENGERTIAN
Carsinoma mammae adalah neoplasma ganas dengan pertumbuhan jaringan mammae abnormal yang tidak memandang jaringan sekitarnya, tumbuh infiltrasi dan destruktif dapat bermetastase ( Soeharto Resko Prodjo, 1995).

2.      ETIOLOGI
Etiologi kanker payudara tidak diketahui dengan pasti. Namun beberapa faktor resiko pada pasien diduga berhubungan dengan kejadian kanker payudara, yaitu :
a.       Tinggi melebihi 170 cm
b.      Masa reproduksi yang relatif panjang.
c.       Faktor Genetik
d.      Ca Payudara yang terdahulu
e.       Keluarga
Diperkirakan 5 % semua kanker adalah predisposisi keturunan ini, dikuatkan bila 3 anggota keluarga terkena carsinoma mammae.
f.       Kelainan payudara ( benigna )
Kelainan fibrokistik ( benigna ) terutama pada periode fertil, telah ditunjukkan bahwa wanita yang menderita / pernah menderita yang porliferatif sedikit meningkat.
g.      Makanan, berat badan dan faktor resiko lain
h.      Faktor endokrin dan reproduksi
Graviditas matur kurang dari 20 tahun dan graviditas lebih dari 30 tahun, Menarche kurang dari 12 tahun
i.        Obat anti konseptiva oral
Penggunaan pil anti konsepsi jangka panjang lebih dari 12 tahun mempunyai resiko lebih besar untuk terkena kanker.

3.      MANIFESTASI KLINIS
Gejala  umum Ca mamae adalah :
·         Teraba adanya massa atau benjolan pada payudara
·         Payudara tidak simetris / mengalami perubahan bentuk dan ukuran karena mulai timbul pembengkakan
·         Ada perubahan kulit : penebalan, cekungan, kulit pucat disekitar puting susu, mengkerut seperti kulit jeruk purut dan adanya ulkus pada payudara
·         Ada perubahan suhu pada kulit : hangat, kemerahan , panas
·         Ada cairan yang keluar dari puting susu
·         Ada perubahan pada puting susu : gatal, ada rasa seperti terbakar, erosi dan terjadi retraksi
·         Ada rasa sakit
·         Penyebaran ke tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan kadar kalsium darah meningkat
·         Ada pembengkakan didaerah lengan
·         Adanya rasa nyeri atau sakit pada payudara.
·         Semakin lama benjolan yang tumbuh semakin besar.
·         Mulai timbul luka pada payudara dan lama tidak sembuh meskipun sudah diobati, serta puting susu seperti koreng atau eksim dan tertarik ke dalam.
·         Kulit payudara menjadi berkerut seperti kulit jeruk (Peau d' Orange).
·         Benjolan menyerupai bunga kobis dan mudah ber¬darah.
·         Metastase (menyebar) ke kelenjar getah bening sekitar dan alat tubuh lain

4.      PEMERIKSAAN LABORATORIUM DAN DIAGNOSTIK
a.       Pemeriksaan labortorium meliputi: Morfologi sel darah, LED, Test fal marker (CEA) dalam serum/plasma, Pemeriksaan sitologis
b.      Test diagnostik lain:
·         Non invasive: Mamografi, Ro thorak, USG, MRI, PET
·         Invasif : Biopsi, Aspirasi biopsy (FNAB), True cut / Care biopsy, Incisi biopsy, Eksisi biopsy
Pemeriksaan penunjang dapat dilakukan dengan :
1. Pemeriksaan payudara sendiri
2. Pemeriksaan payudara secara klinis
3. Pemeriksaan manografi
4. Biopsi aspirasi
5. True cut
6. Biopsi terbuka
7. USG Payudara, pemeriksaan darah lengkap, X-ray dada, therapy medis, pembedahan, terapi radiasi dan kemoterapi.

5.      PENATALAKSANAAN MEDIS
      Ada 2 macam yaitu kuratif (pembedahan) dan paliatif (non pembedahan).  Penanganan kuratif dengan pembedahan yang dilakukan secara mastektomi parsial, mastektomi total, mastektomi radikal, tergantung dari luas, besar dan penyebaran kanker.  Penanganan non pembedahan dengan penyinaran, kemoterapi dan terapi hormonal.

6.      KOMPLIKASI
Metastase ke jaringan sekitar melalui saluran limfe (limfogen) ke paru,pleura, tulang dan hati.





B.     LANDASAN TEORITIS MASEKTOMI
            Modified Radical Mastectomy adalah suatu tindakan pembedahan onkologis pada keganasan payudara yaitu dengan mengangkat seluruh jaringan payudara yang terdiri dari seluruh stroma dan parenkhim payudara, areola dan puting susu serta kulit diatas tumornya disertai diseksi kelenjar getah bening aksila ipsilateral level I, II/III secara en bloc TANPA mengangkat m.pektoralis major dan minor.
Tipe mastektomi dan penanganan kanker payudara bergantung pada beberapa factor meliputi :
o   Usia
o   Kesehatan secara menyeluruh
o   Status menopause
o   Dimensi tumor
o   Tahapan tumor dan seberapa luas penyebarannya
o   Stadium tumor dan keganasannya
o   Status reseptor homon tumor
o   Penyebaran tumor telah mencapai simpul limfe atau belum

Tipe pembedahan secara umum dikelompokkan kedalam tiga kategori : mastektomi radikal, mastektomi total dan prosedur yang lebih terbatas ( contoh segmental, lumpektomi ).
1.   Mastektomi preventif ( preventife mastectomy) disebut juga prophylactic mastectomy.operasi ini dapat berupa total mastektomi dengan mengangkat seluruh payudara dan putting atau berupa subcutaneous mastectomy dimana seluruh payudara diangkat namun putting tetap dipertahankan .
2.   Mastektomi total ( sederhana ) mengangkat semua jaringan payudara tetapi semua atau kebanyakan nodus limfe dan otot dada tetap utuh.
3.   Mastektomi radikal modifikasi mengangkat seluruh payudara , beberapa atau semua nodus limfe dan kadang-kadang otot pektoralis minor.otot dada mayor masih utuh.Mastektomi radikal ( halsted ) adalah prosedur yang jarang dilakukan yaitu pengangkatan seluruh payudara, kulit, otot pektoralis mayor dan minor, nodus limfe ketiak dan kadang-kadang nodus limfe mamari internal atau supra klavikular.
4.   Prosedur membatasi ( contoh : lumpektomi ) mungkin dilakukan pada pasien rawat jalan yang hanya berupa tumor dan beberapa jaringan sekitarnya diangkat. Lumpektomi dianggap tumor non-metastatik bila kurang dari 5 cm ukurannya yang tidak melibatkan putting.prosedur meliputi dignostik ( menentukan tipe sel ) dan atau pengobatan bila dikombinasi dengan terapi radiasi.
            Berdasarkan tujuan terapi pembedahan, mastektomi dibedakan menjadi dua macam yaitu tujuan kuratif dan tujuan paliatif. Prinsip terapi bedah kuratif adalah pengangkatan seluruh sel kanker tanpa meninggalkan sel kanker secara mikroskopik. Terapi bedah kuratif ini dilakukan pada kanker payudara stadium dini(stadium 0, I dan II).
            Sedangkan tujuan terapi bedah palliatif adalah untuk mengangat kanker payudara secara makroskopik dan masih meninggalkan sel kanker secara mikroskopik. Pengobatan bedah palliatif ini pada umumnya dilakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan penderita seperti perdarahan, patah tulang dan pengobatan ulkus, dilakukan pada kanker payudara stadium lanjut,yaitu stadium III dan IV.
Prosedur pengangkatan sel kanker dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.      Mastektomi radikal, yaitu Mengangkat seluruh payudara, kulit, otot mayor dan minor, nodus limfe aksila dan jaringan lemak disekitarnya.
2.      Mastektomi radikal modifikasi, seperti mastektomi radikal tetapi otot pektoralis mayor dipertahankan.
3.      Mastektomi sederhana, Mengangkat payudara dengan mempertahankan otot-otot yang menyokong.
4.      Mastektomi parsial, Mengangkat lesi dan jaringan disekitarnya termasuk nodus limfe.
5.      Lumpektomi, Mengangkat lesi dan 3 sampai 5 cm jaringan ditepinya, jaringan payudara dan kulitnya dipertahankan.

Beberapa tipe mastektomi yang ada pada saat ini
1. Mastektomi Preventif (Preventive Mastectomy)
            Mastektomi preventif disebut juga prophylactic mastectomy. Operasi ini dapat berupa total mastektomi dengan mengangkat seluruh payudara dan puting. Atau berupa subcutaneous mastectomy, dimana seluruh payudara diangkat namun puting tetap dipertahankan. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekambuhan kanker payudara dapat dikurangi hingga 90% atau lebih setelah mastektomi preventif pada wanita dengan risiko tinggi.   
prophylactic-mastec
Gambar payudara seorang wanita 25 tahun. menjalani prophylacyic mastectomy dan telah mengalami rekonstruksi dengan menutup lubang bekas operasi dengan dengan jaringan yang diambil dari perutnya.
           
2.  Mastektomi Sederhana atau Total (Simple or Total Mastectomy)
            Mastektomi dengan mengangkat payudara berikut kulit dan putingnya, namun simpul limfe masih dipertahankan. Pada beberapa kasus, sentinel node biopsy terpisah dilakukan untuk membuang satu sampai tiga simpul limfe pertama.
total-mastecTotal mastectomy


3. Mastektomi Radikal Termodifikasi (Modified Radical Mastectomy)
            Terdapat prosedur yang disebut modified radical mastectomy (MRM)-mastektomi radikal termodifikasi. MRM memberikan trauma yang lebih ringan daripada mastektomi radikal, dan ssat ini banyak dilakukan di Amerika. Dengan MRM, seluruh payudara akan diangkat beserta simpul limfe di bawah ketiak, tetapi otot pectoral (mayor dan minor) – otot penggantung payudara – masih tetap dipertahankan. Kulit dada dapat diangkat dapat pula dipertahankan, Prosedur ini akan diikuti dengan rekonstruksi payudara yang akan dilakukan oleh dokter bedah plastik.
modified-radical-mastectomyModified Radical Mastectomy

4.  Mastektomi Radikal (Radical Mastectomy)
            Mastektomi radikal merupakan pengangkatan payudara ‘komplit’, termasuk puting. Dokter juga akan mengangkat seluruh kulit payudara, otot dibawah payudara, serta simpul limfe (getah bening). Karena mastektomi radikal ini tidak lebih efektif namun merupakan bentuk mastektomi yang lebih ‘ekstrim’ , saat ini jarang dilakukan.
radical-mastec

4. Mastektomi Parsial atau Segmental (Partial or Segmental Mastectomy)
            Dokter dapat melakukan mastektomi parsial kepada wanita dengan kanker payudara stadium I dan II. Mastektomi parsial merupakan breast-conserving therapy- terapi penyelamatan payudara yang akan mengangkat bagian payudara dimana tumor bersarang. Prosedur ini biasanya akan diikuti dengan terapi radiasi untuk mematikan sel kanker pada jaringan payudara yang tersisa. Sinar X berkekuatan penuh akan ditembakkan pada beberapa bagian jaringan payudara. Radiasi akan membunuh kanker dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh yang lain.
Partial MastectomyPartial Mastectomy
5. Quandrantectomy
            Tipe lain dari mastektomi parsial disebut quadrantectomy. Pada prosedur ini, dokter akan mengangkat tumor dan lebih banyak jaringan payudara dibandingkan dengan lumpektomi.
sentinel-node-biopsyquadrantectomyQuandrantectomy
            Mastektomi tipe ini akan mengangkat seperempat bagian payudara, termasuk kulit dan jaringan konektif (breast fascia).  Cairan berwarna biru disuntikkan untuk mengidentifikasi simpul limfe yang mengandung sel kanker.

6. Lumpectomy atau sayatan lebar,
            Merupakan pembedahan untuk mengangkat tumor payudara dan sedikit jaringan normal di sekitarnya.  Lumpektomi (lumpectomy) hanya mengangkat tumor dan sedikit area bebas kanker di jaringan payudara di sekitar tumor. Jika sel kanker ditemukan di kemudian hari, dokter akan mengangkat lebih banyak jaringan. Prosedur ini disebuat re-excision (terjemahan : pengirisan/penyayatan kembali).
lumpectomy-adamLumpectomy
7. Excisional Biopsy
            Biopsi dengan sayatan juga mengangkat tumor payudara dan sedikit jaringan normal di sekitarnya. Kadang, pembedahan lanjutan tidak diperlukan jika biopsy dengan sayatan ini berhasil mengangkat seluruh tumor.
Excisional BiopsyExcisional Biopsy

c. Indikasi operasi
·         Kanker payudara stadium dini (I,II)
·         Kanker payudara stadium lanjut lokal dengan persyaratan tertentu
·         Keganasan jaringan lunak pada payudara.
d. Kontra indikasi operasi
·         Tumor melekat dinding dada
·         Edema lengan
·         Nodul satelit yang luas
·         Mastitis inflamatoar

Tekhnik operasi
Secara singkat tekhnik operasi dari mastektomi radikal modifikasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Penderita dalam general anaesthesia, lengan ipsilateral dengan yang dioperasi diposisikan abduksi 900, pundak ipsilateral dengan yang dioperasi diganjal bantal tipis.
2.      Desinfeksi lapangan operasi, bagian atas sampai dengan pertengahan leher, bagian bawah sampai dengan umbilikus, bagian medial sampai pertengahan mammma kontralateral, bagian lateral sampai dengan tepi lateral skapula. Lengan atas didesinfeksi melingkar sampai dengan siku kemudian dibungkus dengan doek steril dilanjutkan dengan mempersempit lapangan operasi dengan doek steril
3.      Bila didapatkan ulkus pada tumor payudara, maka ulkus harus ditutup dengan kasa steril tebal ( buick gaas) dan dijahit melingkar.
4.      Dilakukan insisi (macam –macam insisi adalah Stewart, Orr, Willy Meyer, Halsted, insisi S) dimana garis insisi paling tidak berjarak 2 cm dari tepi tumor, kemudian dibuat flap.
5.      Flap atas sampai dibawah klavikula, flap medial sampai parasternal ipsilateral, flap bawah sampai inframammary fold, flap lateral sampai tepi anterior m. Latissimus dorsi dan mengidentifikasi vasa dan. N. Thoracalis dorsalis
6.      Mastektomi dimulai dari bagian medial menuju lateral sambil merawat perdarahan, terutama cabang pembuluh darah interkostal di daerah parasternal. Pada saat sampai pada tepi lateral m.pektoralis mayor dengan bantuan haak jaringan maamma dilepaskan dari m. Pektoralis minor dan serratus anterior (mastektomi simpel). Pada mastektomi radikal otot pektoralis sudah mulai
7.      Diseksi aksila dimulai dengan mencari adanya pembesaran KGB aksila Level I (lateral m. pektoralis minor), Level II (di belakang m. Pektoralis minor) dan level III ( medial m. pektoralis minor). Diseksi jangan lebih tinggi pada daerah vasa aksilaris, karena dapat mengakibatkan edema lengan. Vena-vena yang menuju ke jaringan mamma diligasi. Selanjutnya mengidentifikasi vasa dan n. Thoracalis longus, dan thoracalis dorsalis, interkostobrachialis. KGB internerural selanjutnya didiseksi dan akhirnya jaringan mamma dan KGB aksila terlepas sebagai satu kesatuan (en bloc)
8.      Lapangan operasi dicuci dengan larutan sublimat dan Nacl 0,9%.
9.      Semua alat-alat yang dipakai saat operasi diganti dengan set baru, begitu juga dengan handschoen operator, asisten dan instrumen serta doek sterilnya.
10.  Evaluasi ulang sumber perdarahan
11.  Dipasang 2 buah drain, drain yang besar ( redon no. 14) diletakkan dibawah vasa aksilaris, sedang drain yang lebih kecil ( no.12) diarahkan ke medial.
12.  Luka operasi ditutup lapais demi lapis

Komplikasi operasi
Dini : – pendarahan,
- lesi n. Thoracalis longus wing scapula
- Lesi n. Thoracalis dorsalis.
Lambat : - infeksi
- nekrosis flap
- wound dehiscence
- seroma
- edema lengan
- kekakuan sendi bahu kontraktur

Mortalitas
hampir tidak ada

Perawatan pasca bedah
            Pasca bedah penderita dirawat di ruangan dengan mengobservasi produksi drain, memeriksa Hb pasca bedah. Rehabilitasi dilakukan sesegera mungkin dengan melatih pergerakan sendi bahu. Drain dilepas bila produksi masing-masing drain < 20 cc/24 jam. Umumnya drain sebelah medial dilepas lebih awal, karena produksinya lebih sedikit. Jahitan dilepas umumnya hari ke10 s/d 14.
Follow up
Tahun 1 dan 2 kontrol tiap 2 bulan
Tahun 3 s/d 5 kontrol tiap 3 bulan
Setelah tahun 5 kontrol tiap 6 bulan
Pemeriksaan fisik : tiap kali kontrol
Thorax foto : tiap 6 bulan
Lab. Marker : tiap 2-3 bulan
Mammografi kontralateral : tiap tahun atau ada indikasi
USG abdomen : tiap 6 bulan atau ada indikasi
Bone scanning : tiap 2 tahun atau ada indikasi

C.    LANDASAN ASUHAN KEPERAWATAN
Analisa Kasus
            Ny. E (44 th), datang ke poliklinik bedah RS. Dr. M. Djamil padang pada tanggal 18 November 2009 dengan keluhan adanya benjolan dan nyeri pada payudara kanan. Tanggal 19 November 2009, Ny E dirawat diruang bedah wanita. Menurut pernyataan Ny E benjolan dan nyeri dirasakan sejak 3 tahun yang lalu,  benjolan awalnya sebesar kelereng, 3 bulan terakhir ini benjolan dirasakan semakin bertambah besar. Sebelum masuk RS Ny E berobat ke dukun dan diberikan obat ramuan untuk diminum. Saat pengkajian oleh mahasiswa PSIK, Ny E merasakan nyeri pada payudara kanan, nyeri bertambah bila mengangkat dan mengerakkan tangan kanan, sulit tidur dan sering terbangun karena nyeri, dan tidak nafsu makan. Ny E menanyakan perawatan setelah operasi nanti. Ny E operasi MRM tanggal 20 November 2009.

TD       : 120/90 mmHg
Nadi    :100x/menit
TB/BB :155 cm/ 58 kg
S          : 37,5 0C
RR       : 20 x/menit

            Pengkajian post mastektomi pada tanggal 23 November 2009, Ny E menyatakan nyeri pada daerah post mastektomi, luka operasi ± 15 cm melintang pada payudara kanan. Luka jahitan masih lembab, merah, terpasang drain di dada sebelah kanan sebanyak 2 buah berjarak ± 2 cm. Klien mengungkapkan “saya merasa malu karena salah satu dengan salah satu kondisi saat ini, apakah suami saya masih menyayangi saya dan mau menerima saya, apakah setelah pulang nanti saya tidak dijauhi oleh orang lain”. Ny E tampak tegang dan menutup mata ketika balutannya dibuka saat perawat akan merawat lukanya. Ny E tidak mau bergerak atau mobilisasi karena kawatir jahitannya terlepas, tidak mau makan telur atau ikan karena takut lukanya gatal dan lama sembuh.

a.       PENGKAJIAN
A.    Identitas pasien
·         Pasien (diisi lengkap)
Nama                           : Ny E
Umur                           : 44 tahun
Jenis Kelamin              : perempuan
Agama                         :
Pendidikan                  :
Pekerjaan                     :
Alamat                                    :
Tgl Masuk RS             : 18 November 2009

·         Penanggung Jawab (diisi lengkap)



B.     Riwayat kesehatan
1.      Keluhan utama
(keluhan yang dirasakan pasien saat dilakukan pengkajian)
            Preoperasi: Saat pengkajian oleh mahasiswa PSIK, Ny E merasakan nyeri pada payudara kanan, nyeri bertambah bila mengangkat dan mengerakkan tangan kanan, sulit tidur dan sering terbangun karena nyeri, dan tidak nafsu makan. Ny E menanyakan perawatan setelah operasi nanti.
            Postoperasi: Ny E menyatakan nyeri pada daerah post mastektomi, luka operasi ± 15 cm melintang pada payudara kanan. Luka jahitan masih lembab, merah, terpasang drain di dada sebelah kanan sebanyak 2 buah berjarak ± 2 cm. Klien mengungkapkan “saya merasa malu karena salah satu dengan salah satu kondisi saat ini, apakah suami saya masih menyayangi saya dan mau menerima saya, apakah setelah pulang nanti saya tidak dijauhi oleh orang lain”. Ny E tampak tegang dan menutup mata ketika balutannya dibuka saat perawat akan merawat lukanya. Ny E tidak mau bergerak atau mobilisasi karena kawatir jahitannya terlepas, tidak mau makan telur atau ikan karena takut lukanya gatal dan lama sembuh.

2.      Riwayat kesehatan sekarang
(riwayat penyakit yang diderita pasien saat masuk rumah sakit)
            Ny. E (44 th), datang ke poliklinik bedah RS. Dr. M. Djamil padang pada tanggal 18 November 2009 dengan keluhan adanya benjolan dan nyeri pada payudara kanan. Benjolan dan nyeri dirasakan sejak 3 tahun yang lalu,  benjolan awalnya sebesar kelereng, 3 bulan terakhir ini benjolan dirasakan semakin bertambah besar. Sebelum masuk RS Ny E berobat ke dukun dan diberikan obat ramuan untuk diminum.         

3.      Riwayat kesehatan yang lalu
(riwayat penyakit yang sama atau penyakit lain yang pernah diderita oleh pasien)
            Apakah klien ada riwayat pribadi tentang kanker payudara, menarke dini, riwayat Nulipara dan usia maternal lanjut saat kelahiran anak pertama, menopause pada usia lanjut, riwayat penyakit tumor payudara jinak, Obesitas. Apakah klien pernah menggunakan terapi penggantian hormon. Apakah klien juga mengkonsumsi alkohol atau diet tinggi lemak.

4.      Riwayat kesehatan keluarga
(Adakah riwayat penyakit yang sama diderita oleh anggota keluarga yang lain atau riwayat penyakit lain baik bersifat genetis maupun tidak)
            Apakah klien adalah anak perempuan atau saudara perempuan (hubungan keluarga langsung) dari wanita dengan kanker payudara. Resikonya meningkat dua kali jika ibunya terkena kanker sebelum berusia 60 tahun; resiko 4 sampai 6 kali jika kanker payudara terjadi pada dua orang saudara langsung.

b.      ASUHAN KEPERAWATAN PRE OPERASI
                                i.            Pengkajian 11 Fungsional Gordon
1)      Pola Persepsi dan Manajemen Kesehatan
Biasanya klien tidak menyadari penyakit yang dideritanya bahkan dia tidak mengetahui penyakitnya. Ketika telah diketahui sednag menderita penyakit, klien berusaha untuk mengetahui penyakitnya tersebut. Pada kasus Ny E sudah merasakan benjolan dan nyeri di payudara sebelah kanan sejak 3 tahun yang lalu, Sebelumnya Ny E hanya berobat ke dukun saja dan diberikan obat ramuan untuk diminum, namun penyakitnya tidak sembuh benjolannya  semakin membesar sejak 3 bulan terakhir ini. Akhirnya Ny E baru pergi ke RS untuk berobat. Sebelum dioperasi, Ny E menanyakan bagaimana perawatan setelah dia di operasi nantinya.

2)      Pola Nutrisi Metabolik
Klien mengeluh tidak nafsu makan. Biasanya klien akan mengalami pada nutrisinya karena adanya hipermetabolik yang berhubungan dengan kanker yang dideritanya. Biasanya klien juga mengalami ketidakmampuan mengontrol nyeri yang dapat menyebabkan intake makanan klien tidak adekuat, hilangnya rasa kecap, kehilangan selera, berat badan turun.

3)      Pola Eliminasi
Adakah perubahan eliminasi : perubahan detekasi (darah dan pada feses, nyeri detekasi konsistensi, bising usus) perubahan eliminasi urine (atau) rasa terbakar.

4)      Pola Aktivitas Latihan
Kaji bagaimana klien melakukan aktivitasnya sehari-hari sebelum menghadapi pembedahan, apakah klien dapat melakukannya sendiri atau malah dibantu keluarga, dan apakah aktivitas terganggu karena perasaan cemas yang dirasakan.
Klien merasakan nyeri pada payudara kanan, nyeri bertambah bila mengangkat dan mengerakkan tangan kanan. Hal ini membuat klien sulit untuk melakukan aktivitas.

5)      Pola Istirahat Tidur
Klien sulit tidur dan sering terbangun karena nyeri. Biasanya tidur klien juga terganggu karena adanya rasa cemas sebelum melakukan operasi.

6)      Pola Kognitif Persepsi
Apakah klien ada mengalami gangguan pada penglihatan, pendengaran, maupun indra lainnya karena kanker mammae yang dideritanya?

7)      Pola Persepsi Konsep Diri
Biasanya klien akan merasa rendah diri dengan penyakitnya. Klien merasa kawatir kalau setelah di operasi nanti, apakah suami maupun orang lain dapat menerima keadaannya. Persiapan psikologis bertujuan untuk membantu klien mempersiapkandiri dalam memhadapi operasi, perawta diharapkan mengetahui informasi dokter kepada pasien maupun keluarga, tentang macam tindakan yang akn dilakukan manfaat dan akibat yang mungkin muncul dan terjadi serta memberikan penjelasan tentang prosedur-prosedur yang akan dilakukan sebelum operasi.

8)      Pola Peran Hubungan
Selama dirawat di rumah sakit karena, klien tidak dapat menjalankan perannya dalam keluraganya maupun di dalam hubungan dengan masyarakat. Persiapan psikologis bertujuan untuk membantu klien mempersiapkandiri dalam menghadapi operasi, perawat diharapkan mengetahui informasi dokter kepada pasien maupun keluarga, tentang macam tindakan yang akn dilakukan manfaat dan akibat yang mungkin muncul dan terjadi serta memberikan penjelasan tentang prosedur-prosedur yang akan dilakukan sebelum operasi.
Persiapan psikososial di tujukan menghindari adanya gangguan hubungan sosisal dan interpersonal dan peran dimasyarakat, akibat perubahan kondisi kesehatan dimana klien seolah-olah klien tidak mampu menerima simpati dariorang lain, meraik diri dari pergaulan dan merasa canggung dan bersoislaisasi dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

9)      Pola Coping Toleransi Stress
Pada pasien preoperasi dapat mengalami berbagai ketakutan . Takut terhadap anestesi, takut terhadap nyeri atau kematian, takut tentang ketidaktahuan atau takut tentang derformitas atau ancaman lain terhadap citra tubuh dapat menyebabkan ketidaktenangan atau ansietas (Smeltzer and Bare, 2002).
Biasanya klien untuk mengatasi stres tersebut akan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan penyakitnya dan bagaimana kelanjutan perawatannya setelah operasi.

10)  Pola Reproduksi Seksualitas
Selama dirawat di rumah sakit klien tidak dapat menjalankan aktivitas seksualitas  karena kondisi penyakit klien

11)  Pola Nilai Keyakinan
Biasanya klien selain dengan menjalani pengobatan, akan berdoa kepada Tuhan demi kesembuhannya.

DIAGNOSA KEPERAWATAN PRE OPERASI
1.      Nyeri kronik berhubungan dengan proses penyakit, sulit tidur dan ekspresi nyeri
2.      Ansietas berhubungan dengan ancaman kematian, ancaman konsep diri , perubahan gambaran diri , perubahan status kesehatan
3.      Berduka antisipasi berhubungan dengan kehilangan karena payudara seperti hilangnya payudara, kesehatan, penghasilan, pekerjaan inti, hubungan dan harapan hidup.
4.      Takut berhubungan dengan diagnosis kanker payudara, perubahan gambaran payudara atau kehilangan karena pengobatan dan pronosisi yang tidak pasti.
5.      Kurang pengetahuan berhubungan dengan kanker payudara dan pilihan pengobatan.



                              ii.            NANDA, NOC,NIC
NANDA
1.      Nyeri (kronik) b.d proses penyakit (penekanan/kerusakan jaringan syaraf, infiltrasi sistem suplay syaraf, obstruksi jalur syaraf, inflamasi), , klien sulit tidur, dan ekspresi nyeri.
Domain 12      : Kenyamanan
Kelas 1            : Kenyamanan Fisik
Defenisi           : Ketidaknyamanan sensori dan ekspresi emosional akibat gangguan jaringan actual dan potensial dan dideskribsikan dengan dengan sustu gangguan (IASP) ; serangan mendadak atau lambat dari berbagai intensitas dari yang ringan hingga hebat , konstan atau berulang tanpa antisipasi atau prediksi terakhir dan waktunya >6 bulan.
Batasan karakteristik :
·      Anorexia
·      Perubahan pola tidur
·      Fatigue
·      Gangguan interaksi social
·      Ekspresi verbal tentang nyeri

NOC 1
Control nyeri p. 326
Defenisi: perilaku individu dalam mengontrol nyeri.
Indicator:
§  Mengakui factor penyebab
§  Mengetahui nyeri
§  Menggunakan obat analgesic
§  Menjelaskan gejala nyeri
§  Melaporkan control nyeri yang telah dilakukan


NOC 2
Level nyeri p. 328
Defenisi :
Indicator :
§  Ekspresi nyeri
§  Frekuensi nyeri
§  Ekspresi wajah terhadap nyeri

NIC
Pain management (Manajemen nyeri) p. 412
Aktivitas:
o  Lakukan pengkajian nyeri secara komprehensif termasuk lokasi karakteristik, durasi, frekuensi, kualitas, dan factor presipitasi
o  Observasi reaksi non verbal dari ketidaknyamanan
o  Gunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengetahui pengalaman nyeri pasien
o  Kaji budaya yang mempengaruhi respion nyeri
o  Determinasi akibat nyeri terhadap kualitas hidup
o  Bantu pasien dan keluarga untuk mencari dan menemukan dukungan
o  Control ruangan yang dapat mempengaruhi nyeri
o  Kurangi factor presipitasi nyeri
o  Pilih dan lakukan penanganan nyeri
o  Ajarkan pasien untuk memonitor nyeri
o  Kaji tipe dan sumber nyeri untuk menentukan intervensi
o  Berikan analgetik untuk mengurangi nyeri
o  Evaluasi keefektifan control nyeri
o  Tingkatkan istirahat
o  Kolaborasikan dengan dokter jika ada keluhan dan tindakan nyeri tidak berhasil

2.      Kurangnya pengetahuan tentang penyakit, prognosis dan pengobatan b.d kurangnya informasi, misinterpretasi, keterbatasan kognitif ditandai dengan sering bertanya, menyatakan masalahnya, pernyataan miskonsepsi.
Domain 5        : Persepsi/ Kognitif
Kelas 4            : Kognitif
Defenisi           : Kehilangan atau defesiensi informasi kognitif b.d topic spesifik
Batasan Karakteristik :
·      Prilaku yang berlebihan
·      Petunjuk yang diikuti tidak akurat
·      Pengungkapan masalah
Factor yang berhubungan :
·      Keterbatasan kognitif
·      Miss interpretasi informasi
·      Tidak familiar dengan sumber informasi

NOC
Pengetahuan : Proses Penyakit p.262
Defenisi : Pemahaman yang mendalam tentang proses penyakit spesifik
Indicator :
§  Familiarnya tentang nama penyakit
§  Deskripsi proses penyakit
§  Deskripsi factor yang berhubungan dengan penyakit
§  Deskripsi factor resiko
§  Deskripsi effek dari penyakit
§  Deskripsi tanda dan gejala
§  Deskripsi komplikasi
§  Deskripsi kewaspadaan untuk mencegah komplikasi

NIC
Pendidikan : Proses Penyakit
Defenisi : Membantu bantuan untuk memahami informasi yang berhubungan dengan proses penyakit yang spesifik
Aktivitas :
o   Menghargai tingkat pengetahuan pasien tentang proses penyakit
o   Menjelaskan patofisiologi penyakit dan bagaiman hubungan denagn anatomy dan fisiologi
o   Medeskripsikan tanda dan gejala penyakit
o   Mendeskripsikan proses penyakit
o   Identifikasi factor penyebab
o   Menyediakan informasi sesuai dengan kondisi pasien
o   Mendiskusikan perubahan gaya hidup yang dibutuhkan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dan atau konyrol dari proses penyakit
o   Mendiskusikan pilihan terapi/pengobatan
o   Mendeskripsikan komplikasi kronik yang mungkin terjadi

c.       ASUHAN KEPERAWATAN POST OPERASI
                                i.            Pengkajian 11 Fungsional Gordon
1)      Pola persepsi kesehatan manajemen kesehatan
Tanyakan pada klien bagaimana pandangannya tentang penyakit yang dideritanya dan pentingnya kesehatan bagi klien? Bagaimana pandangan klien tentang penyakitnya setelah pembedahan? Apakah klien merasa lebih baik setelah pembedahan?

2)      Pola nutrisi metabolic
            Untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan kondisi pasien setelah operasi, maka klien perlu dianjurkan:
a.       Makan makanan bergizi
b.      Konsumsi makanan (lauk pauk) berprotein tinggi, seperti : daging, telur, ayam, ikan.
c.       Minum sedikitnya 8-10 gelas sehari
      Namun pasien tidak mau makan telur atau ikan karena takut lukanya gatal dan lama sembuh. Maka perawat perlu memberitahukan kepada klien tentang pentingnya konsumsi protein seperti telur dan ikan untuk penyembuhan luka pasca operasi.

3)      Pola eliminasi
Control eliminasi urin klien pasca operasi, baik warna, bau, frekuensi. Lihat apakah klien kesulitan dalam BAB maupun BAK. Perawat juga harus memperhatikan pemakaian drain redonm. Drain redonm harus tetap vakum dan diukur jumlah cairan yang tertampung dalam botol drain tiap pagi, bila drain buntu, misalnya terjadi bekuan darah, bilain drain dengan PZ 5-10 cc supaya tetap lancar. Pada mastektomi radikal atau radikal modifikasi, drain umumnya dicabut setelah jumlah cairan dalam 24 jam tidak melebihi 20-30 cc, pada eksisi tumor mamma tidak melebihi 5 cc.

4)      Pola aktivas latihan
Pada pasien pasca mastektomi perlu adanya latihan-latihan untuk mencegah atropi otot-otot kekakuan dan kontraktur sendi bahu, untuk mencegah kelainan bentuk (diformity) lainnya, maka latihan harus seimbang dengan menggunakan secara bersamaan.

5)      Pola istirahat tidur
Kaji perubahan pola tidur klien selama sehat dan sakit, berapa lama klien tidur dalam sehari? Biasanya pasien mengalami gangguan tidur karena nyeri pasca operasi.

6)      Pola kognitif persepsi
Kaji tingkat kesadaran klien, Kaji apakah ada komplikasi pada kognitif, sensorik, maupun motorik setelah pembedahan.

7)      Pola persepsi diri dan konsep diri
Payudara merupakan alat vital seseorang ibu dan wanita, kelainan atau kehilangan akibat operasi payudara sangat terasa oleh klien. Klien akan merasa kehilangan haknya sebagai wanita normal, ada rasa kehilangan tentang hubungannya dengan ssuami, dan hilangnya daya tarik serta serta pengaruh terhadap anak dari segi menyusui.

8)      Pola peran hubungan
Klien merasa malu dalam berhubungan dengan orang lain karena kondisinya saat ini, hal ini juga tampak pada reaksi Ny E yang tegang dan menutup mata ketika balutannya dibuka saat perawat akan merawat lukanya. Klien kawatir setelah pulang nanti dia akan dijauhi oleh orang lain dan apakah suaminya masih menyayangi dan mau menerimanya.

9)      Pola reproduksi dan seksualitas
Setelah operasi, akan adanya gangguan pada seksualitas pasien. Hal ini dapat terjadi karena klien merasa rendah diri ketika berhubungan dengan suaminya karena kondisinya saat ini.

10)  Pola koping dan toleransi stress
Kaji apa yang biasa dilakukan klien saat ada masalah? Apakah klien menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan stres? Diperlukan dukungan keluarga dan orang sekitar termasuk perawat untuk menghilangkan kecemasan dan rasa rendah diri klien terhadap keadaan dirinya.

11)  Pola nilai dan kepercayaan
Kaji bagaimana pengaruh agama terhadap klien menghadapi penyakitnya? Apakah ada pantangan agama dalam proses penyembuhan klien? Diperlukan pendekatan agama supaya klien dapat menerima kondisinya dengan lapang dada.

DIAGNOSA KEPERAWATAN POST OPERASI
Diagnosa keperawatan yang dapat muncul adalah:
1.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah berhubungan dengan biofisikal : prosedur bedah yang mengubah gambaran tubuh, psikososial , masalah tentang ketertarikan seksual
2.      Kerusakan integrasi kulit/ jaringan berhubungan dengan pengangkatan bedah kulit/ jaringan , perubahan sirkulasi, adanya edema, drainase , perubahan pada elastisitas kulit, sensasi, dekstrusi jaringan ( radiasi )
3.      Nyeri akut berhubungan dengan prosedur pembedahan ,trauma jaringan , interupsi saraf, diseksi otot.
4.      Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuromuscular , nyeri / ketidaknyamanan , pembentukan edema ditandai dengan :
5.      Kurang pengetahuan tentang kondisi, prognosis ,dan kebutuhan pengobatan berhubungan dengan kurang terpajan/ mengingat, salah interpretasi/ informasi
6.      Perubahan pola seksual berhubungan dengan dampak kehilangan payudara/ kehilangan gambaran dan atau proses penyakit terhadap hubungan seksual.

NANDA
1.      Gangguan citra tubuh b.d kehilangan payudara P.197
Domain 6 : Persepsi/Kognitif
Kelas 3      : Citra Tubuh
Defenisi     : Kebingungan tentang gambaran mental fisik pribadi
Batasan karakteristik :
·         Prilaku menghindar akibat kehilangan salah satu organ tubuh
·         Respon non verbal akibat perubahan actual tubuh
·         Respon non verbal terhadap penerimaan perubahan tubuh
·         Kehilangan organ tubuh
·         Tidak mau melihat bagian tubuh
·         Tidak mau menyentuh bagian tubuh

NOC 1
Citra Tubuh p. 123
Defenisi: Persepsi positif terhadap penampilan dan fungsi pribadi tubuh
Indicator:
§  Gambaran internal tubuh
§  Keseimbangan antara realita, ideal dan penampilan tubuh
§  Kepuasan penmapilan tubuh
§  Pengaturan penampilan fisik tubuh
§  Pengaturan perubahan fungsi tubuh

NIC 1
Perbaikan Citra Tubuh : 145
Defenisi : Peningkatan persepsi sadar dan ketidaksadarn dan sikap ke depan terhadap tubuhnya
Aktivitas:
o   Menentukan dugaan citra tubuh pasien, sesuai dengan perkembangannya
o   Membantu pasien untuk mendiskusikan perubahan yang terjadi akibat penyakit dan pembedahan
o   Membantu pasien memelihara perubahan tubuh
o   Membantu pasien untuk membedakan penampilan fisik dari perasaan yang beharga
o   Membantu pasien untuk menentukan akibat dari persepsi yang sama penampilan tubuh. 
o   Monitoring pandangan diri secara berkala
o   Monitoring apakah pasien melihat perubahan pada bagian tubuh
o   Montoring pernyataan tentang persepsi identitas diri sehubungan denagn bagian tubuh dan berat badan
o   Menentukan apakah perubahan citra tubuh berkontribusi dalam isolasi social
o   Membantu pasien dalam mengidentifikasi penampilan yang akan meningkat

2.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah berhubungan dengan biofisikal : prosedur bedah yang mengubah gambaran tubuh, psikososial , masalah tentang ketertarikan seksual
Domain 6        : Persepsi-Diri
Kelas 1            : Konsep Diri
Defenisi           : ketidakmampuan dalam memelihara persepsi diri yang terintegrasi dan   kompleks
Batasan Karakteristik :
·         Gangguan citra tubuh
·         Gangguan peran hubungan
·         Perasaaan kosong
·         Gender confusion
·         Koping yang tidak efektif
·         Penampilan peran yang tidak efektif

NOC
Identitas p. 237
Defenisi : kemampuan untuk membedakan pribadi awal dan akhir dan mengkarakteristikkannya.
Indicator :
§  Penguatan secara verbal tentang identitas diri
§  Penjelasan secara verbal tentang identitas diri
§  Membedakan diri dengan manusia lainnya
§  Menampilkan peran social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentnya Disini yaxc!!!!