Jumat, 27 Mei 2011

KONSEP KEPERAWATAN ANAK (6)

Download makalah pengkajian pertumbuhan perkembangan anak DISINI atau klik download link:
http://www.ziddu.com/download/16440097/PENGKAJIANPERTUMBUHANDANPERKEMBANGANPADAANAK.docx.html


Download makalah pengkajian pertumbuhan perkembangan anak vers 2 DISINI atau klik download link:
http://www.ziddu.com/download/16440095/PENGKAJIANPERTUMBUHANDANPERKEMBANGANPADAANAK2.docx.html





 PENGKAJIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu yang selalu tumbuh dan berkembang sejak saat konsepsi sampai berakhirnya masa remaja.

Deteksi pertumbuhan merupakan kegiatan rutin pelayanan kesehatan baik di tingkat pelayanan kesehatan dasar/ Puskesmas maupun di tempat rujukan/Rumah Sakit, yang dilakukan untuk memantau dan menentukan apakah pertumbuhan seorang anak berjalan sesuai atau tidak, baik dilihat dari segi medis maupun statistik.

Anak yang sehat akan menunjukkan pertumbuhan yang optimal, apabila diberikan lingkungan bio-fisiko-psikososial yang adekuat. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya (Soetjiningsih, 1997).

1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan suatu permasalahan dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :
  1. Bagaimana cara pengkajian perkembangan Denver II pada anak?
  2. Bagaimana cara pengkajian Ballard Score dan Dubowitz Score?
  3. Bagaimana cara pengkajian status nutrisi (KMS, NCHS, MTBS)?

1.3  TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penulis dapat memahami tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
A.    Untuk mengetahui bagaimana cara pengkajian perkembangan Denfer II pada anak
B.     Untuk mengetahui bagaimana cara pengkajian Ballard Score dan Dubowitz Score
C.     Untuk mengetahui bagaimana cara pengkajian status nutrisi (KMS, NCHS, MTBS)



BAB II
TEORI

 POSTER PENGKAJIAN PERTUMBUHAN  DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK

2.1  PENGKAJIAN PERKEMBANGAN DENVER II
DDST (Denver Developmental Screening Test) adalah salah satu dari metode skrining terhadap kelainan perkembangan anak, tes ini bukanlah tes diagnostik atau tes IQ. Sebelum melakukan pengujian DDST II, pemeriksa harus dilatih oleh dan menerima sertifikat dari instruktur ahli yang telah dilatih oleh anggota fakultas Denver . 

A.    Skoring DDST II
Interpretasi skor DDST II
1.      Lanjut, butir secara keseluruhan dilewati pada sebelah kanan dari garis usia ( dilewati oleh kurang dari 25% anak pada usia yang lebih tua daripada usia anak ).
2.      OK, butir yang dilewati, gagal, atau menolak bersilangan dengan garis usia pada atau diantara persentil ke-75
3.      Peringatan, butir yang gagal atau ditolak bersilangan dengan garis usia pada atau diantara persentil ke-75 dan ke 90.
4.      Terlambat, butir secara keseluruhan gagal, dilewati pada sebelah kiri garis usia juga dapat dianggap, terlambat, karena alasan menolak mungkin akibat ketidakmampuan melakukan tugas.

Interpretasi Uji
1.      Normal, tidak ada keterlambatan dan maksimal hanya ada satu peringatan
2.      Dicurigai, Satu atau lebih keterlambatan dan/atau dua atau lebih peringatan
3.      Tidak dapat diuji, Menolak satu atau lebih butir seluruhnya pada sebelah kiri garis usia atau lebih dari satu butir yang bersilangan dengan garis usia pada area 75% sampai 90%.

B.     Penilaian
1.      Jika Lulus (Passed = P),
2.      Gagal (Fail = F),
Anak tidak mendapat kesempatan melakukan tugas (No Opportunity = NO).

C.    Prosedur DDST
Terdiri dari 2 tahap, yaitu:
1.      Tahap pertama: secara periodik dilakukan pada semua anak yang berusia 3 – 5 tahun
2.      Tahap kedua: dilakukan pada mereka yang dicurigai adanya hambatan perkembangan pada tahap pertama. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi diagnostik yang lengkap.

D.    Kuesioner Perkembangan Praskrining DDST 2 ( PDQ-II)
PDQ-II adalah revisi lebih lanjut dadri PDQ dan R-PDQ dimana versi ini menggunakan stndar-standar ( Percentil ke 90 dan ke 75) dari DDST 2. PDQ-II adalah jawaban praskrining orangtua yang terdiri atas 91 pertanyaan dari DDST 2, walaupun hanya satu bagian pertanyaan yang ditanyakan untuk setiap kelompok usia.

Empat formulir berbeda diseleksi berdasarkan usia: jingga (0-9 bulan), ungu (9-24 bulan), krem ( 2- 4 tahun ), dan putih ( 4-6 tahun ). Anak yang tidak memiliki keterlambatan atau peringatan dianggap telah berkembang secara normal. Jika anak memilki satu keterlambatan atau dua peringatan, pemberi perawatan diberikan aktivitas perkembangan yang sesuai dengan usia untuk dilakukan denga anak, dan skrining ulang dengan PDQ-II dilakukan 1 bulan kemudian. Jika dalam skrining ulang anak memiliki satu atau lebih keterlambatan, Denver 2 harus diberikan secepat mungkin.

E.     Skrining Perkembangan dan Interpretasi
Skrining perkembangan perlu mengkaji gambaran keseluruhan perkembangan, seperti halnya pertumbuhan dan kesehatan. Tes DDST 2 sebaiknya digunakan sebagai bagian dari survailens perkembangan , suatu pendekatan perawatan kesehatan primer yang konverhensof dan teru-menerus yang melibatkan orangtua sebagai mitra para professional ( Frankenburg, 1994b). 

Aspek Perkembangan yang dinilai
a.       Personal Sosial (kepribadian/ tingkah laku sosial)
Yaitu aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya

b.      Gerakan Motorik Halus
Yaitu aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu, melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat. Misalnya kemampuan untuk menggambar, memegang sesuatu benda

c.       Bahasa (Language)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentnya Disini yaxc!!!!